MANFAAT DAUN – DAUNAN (DAUN SALAM/Eugenia polyantha)

Daun Salam (Eugenia polyantha), ternyata daun salam selain sebagai rempah-rempah untuk memasak, daun salam juga memiliki hasiat sebagai obat tradisional yaitu obat Kencing Manis (diabetes), Obat Asam Urat. beikut Informasi yang lebih lengkap yang bayu Copy Paste dari www.mail-archive.com

( POSTINGAN KE DUA TENTANG DAUN SALAM )

DAUN SALAM

Sifat dan Khasiat :

Daun rasanya kelat dan astrigen

Kandungan Kimia :

Salam mengandung minyak asiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoid

Bagian yang digunakan :

Bagian yang digunakan adalah daun. Selain itu kulit batang, akar dan buah

juga berkhasiat sebagai obat.

Indikasi  :

Daun digunakan untuk pengobatan:

Kolesterol tinggi

Kencing manis (Diabetes mellitus)

Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Radang lambung/maag (gastritis)

Diare

Buah digunakan untuk pengobatan :

Mabuk alkohol

Cara pemakaian  :

Untuk obat yang diminum, minum rebusan 7-20 lembar daun segar atau daun yang

telah dikeringkan. Untuk pemakaian luar, giling daun, kulit batang atau akar

sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti kudis dan

gatal-gatal.

Diare  :

Cuci 15 lembar daun salam segar samapi bersih. Tambahkan 2 gelas air, lalu

rebus sampai mendidih (Selama 15 menit). Selanjutnya masukkan sedikit garam.

Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus

Kencing manis  :

Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lau rebus dalam 3 gelas air samapai

tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum

sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.

Menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi  :

Cuci 10-15g daun salam segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air

sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum

sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Menurunkan tekanan darah tinggi  :

Cuci 7-10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air

sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum

sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Sakit Maag  :

Daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter

air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah

dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan

penuh dilambung hilang.

Mabuk alkohol   :

Cuci 1 genggam buah salam masak sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus.

Peras dan saring, lalu air yang terkumpul diminum sekaligus

Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha/Nty

28 Comments to "MANFAAT DAUN – DAUNAN (DAUN SALAM/Eugenia polyantha)"

  1. mila's Gravatar mila
    November 20, 2011 - 10:54 am | Permalink

    dari gambarnya, nampaknya itu bukan daun salam deh. itu spt daun kari. atau mirip juga daun gedondong, atau mimbo. jauh beda banget dg daun salam. mohon periksa. ^_^

  2. mardian's Gravatar mardian
    August 10, 2011 - 2:49 pm | Permalink

    Informasi yang menarik mas bayu. Mas, daun salam yang dimaksud dalam hal ini untuk penderita kencing manis apakah menggunakan daun yang tua, sedang ataukah daun yang masih muda? terima kasih mas bayu.

  3. July 19, 2011 - 12:45 am | Permalink

    Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to send you an email. I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it improve over time.

  4. March 8, 2011 - 4:37 pm | Permalink

    anybody else absolutely love mac as considerably as me?

  5. AL's Gravatar AL
    November 11, 2010 - 3:35 am | Permalink

    TULIS BARANG ITU JELAS SEDIKIT,

  6. July 17, 2010 - 8:27 am | Permalink

    Your web site came up in my search and I’m impressed by what you could have published on this subject. I am currently extending my search and thus cannot contribute further, notwithstanding, I’ve bookmarked your web site and will be returning to keep up with any approaching updates. Simply love it and thanks for tolerating my remark.

  7. April 28, 2010 - 8:18 am | Permalink

    Kirain hanya buat campuran masakan doang, ternyata punya manfaat yang lain, TQ ya…

  8. April 12, 2010 - 10:51 pm | Permalink

    daun salam buat ngatasin mmabuk? baru denger ney… ijin copas gan!

  9. April 12, 2010 - 4:30 pm | Permalink

    memang seharusnya kita mengoptimalkan alam… lanjutkan mas.. (apanya mbloeng yang dilanjutkan…?) he..he..

  10. April 12, 2010 - 4:01 pm | Permalink

    buat bumbu dapur biar masakannya wangi….

  11. April 12, 2010 - 11:17 am | Permalink

    gag bisa komen nih, pokok e Mas Bayu tambah hebring…..! :lapar

  12. April 12, 2010 - 10:54 am | Permalink

    Wah makasih infonya mas,, mau nyoba nih,, kebetulan lagi sakit maag… :)

  13. jun's Gravatar jun
    April 12, 2010 - 10:09 am | Permalink

    wah,gag nyangka daun salam kegunaanx bnyk jg :)

  14. April 12, 2010 - 9:21 am | Permalink

    Makin berbobot nih postingannya. Herbal Live Blogging.

  15. April 12, 2010 - 5:00 am | Permalink

    info yang bermanfaat
    tapi jujur ya bang, saya baru kali ini denger daun salam
    hihihi

  16. April 12, 2010 - 2:49 am | Permalink

    yang ayas tau, minyak atsiri . bukan asiri . mungkin ada yg baru?

  17. April 11, 2010 - 9:05 pm | Permalink

    ternyata sangat banyak manfaatnya ya, bukan sekedar bumbu masakan semata

  18. April 11, 2010 - 1:22 pm | Permalink

    akhir2 ini membahas ttg daun2 nan nuy mas bayu hehe
    makasih jadi nambah pengetahuan
    :D

  19. April 11, 2010 - 1:20 pm | Permalink

    wahhh
    saya tahuna daun salam cuman buad masakan itu
    biasanya ibu masak ada daun salam nya

  20. April 11, 2010 - 12:19 pm | Permalink

    dan blue selalu mensu[portmu
    salam hangat dari blue

  21. April 11, 2010 - 12:19 pm | Permalink

    cara penyajianmu semakin ringan namun berisi,mas Bayu
    hebat
    salam hangat dari blue

  22. April 11, 2010 - 1:32 am | Permalink

    ibuku sering memakai daun salam untuk bumbu masakan. biasanya daun salam itu dikeringkan terlebih dahulu :)

  23. April 10, 2010 - 5:17 pm | Permalink

    Assalaamu’alaikum Bayu

    Apa khabar Bayu ? Maaf kerana bunda sudah lama tak berkunjung.

    Wah… sudah semakin meningkat kategori informasi di laman Bayu ini. Penuh khasiat kayak daun-daunan di atas. daun salam kalau di Sarawak terkenal dengan nama daun kari. sangat sedap untuk masakan kari, gorengan kacang putih (kacang hong kong)dan sejenis kuih India yang bunda lupa namanya.

    Salam mesra dari bunda di Sarikei, Sarawak.

  24. April 10, 2010 - 4:40 pm | Permalink

    Banyak manfaatnya daun salam itu ya, baru kali ini saya mengetahuinya. Salam kenal mas, saya juga dari kalimantan tengah.

  25. April 10, 2010 - 4:36 pm | Permalink

    Ternyata bukan hanya untuk bumbu maskana saja ya, daun salam ternyata bisa juga sebagai tanaman obat.
    Salam kenal dan sukses selalu.

  26. April 10, 2010 - 11:29 am | Permalink

    untuk menghilangkan capek-capek juga bisa lho, saya dah mencoba nya

  27. April 10, 2010 - 10:49 am | Permalink

    biasanya daun salam buat bikin nasi kuning :)

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

4 Trackbacks to "MANFAAT DAUN – DAUNAN (DAUN SALAM/Eugenia polyantha)"

  1. on October 9, 2013 at 4:04 pm
  2. on October 7, 2013 at 3:45 pm
  3. on April 18, 2012 at 6:40 pm
  4. on September 12, 2010 at 2:56 am